Jadi Finalis Olimpiade Sains & Matematika 2018 SSC Cepu

Aku tidak ikut les/bimbingan belajar.

Kemarin tidak sengaja bunda lihat info di whatsapp story ibu teman sekolahku tentang Olimpiade Sains & Matematika 2018 di SSC (Sony Sugema College) di Cepu.

SSC adalah lembaga bimbingan belajar/les.

Tahu ada acara itu, bunda tanya ke aku, apakah aku mau ikut? Awalnya aku tidak mau, tapi setelah ngobrol sama bunda, akhirnya aku mau ikut. Bunda yang daftarin aku.

Lomba Olimpiade Sains & Matematika dilaksanakan tanggal 4 November 2018 di SSC Cepu, Lapangan Tuk Buntung.

Pas acaranya, alhamdulillah ketemu banyak teman lama, teman dari sekolah sebelumnya, teman tk juga, dll.

Di babak penyisihan, soalnya menggunakan soal multiple choice/pilihan. Untuk lanjut ke babak berikutnya, disaring hanya 20 peserta yang masuk ke babak final.

Pengumuman 25 peserta yang masuk babak final hanya memakan waktu 10 menitan, karena SSC memakai sistem komputer yang bisa langsung menilai lembar jawaban peserta.

Alhamdulillah aku termasuk salah satunya yang menjadi finalis. Alhamdulillah juga nilaiku tertinggi no 2 hehehe.

Di babak ini aku belum berhasil menjadi juara. Tapi aku senang bisa ikut dalam acara ini, dapat es krim gratis, ketemu banyak teman lama, juga nambah pengalaman 🙂

Babak final, soalnya essay. Aku suka/seringnya mengerjakan soal “langsungan” kalau kata bunda. Kurang detail dalam menjabarkan jawaban, terutama soal matematika. Saat belajar di rumah/mengerjakan PR, bunda sering protes karena aku jawabnya kurang detail, atau kalau pakai istilah bunda “ujug-ujug”/tiba-tiba muncul hasil hehehe.

Kalo kata bunda, mengerjakan soal essay matematika harus jelas suatu angka dapatnya dari mana, dijabarkan dengan jelas dan runut. Ya, aku akan belajar dan berusaha membiasakan ini hehehe.

Sertifikatnya kena ketetesan air dikit, gak sengaja pas aku taruh di atas meja, mejanya basah ada air putih tumpah hehe

 

Leave a comment